Selasa, 23 Februari 2010

Kegiatan SSMUN diliput B-Post

Mau Sukses Ujian Nasional?


BANJARMASIN, BPOST- Kunci sukses menghadapi Ujian Nasional (UN) ternyata tidak rumit. Pintar mengatur waktu antara belajar dan bermain adalah salah satu rahasianya.

Demikian disampaikan Rini Andriani, mahasiswa STAIN Banjarmasin di sela seminar stimulan sukses menjelang UN 2010 yang dilaksanakan di SMAN 2 Banjarmasin, kemarin. Seminar digagas Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Kalsel.

Rini yang juga menjadi ketua panitia acara mengatakan kesiapan mental psikologis dan kesiapan materi dengan belajar sungguh-sungguh serta mampu memanajemen waktu adalah kunci sukses mengerjakan UN.

"Harus bisa membagi kapan waktu belajar atau bermain," ujarnya.

Menurut Rini, dengan membagi waktu dengan baik antara belajar dan bermain, siswa akan lebih siap mental dan tidak akan tegang. Dengan kondisi demikian, konsentrasi akan lebih mudah saat mengerjakan soal ujian.

Seminar kemarin juga ditujukan untuk memberi motivasi kepada siswa agar siap mental menghadapi UN.

Dijelaskan, PII sebagai penggagas acara tidak mendukung UN sebagai patokan kelulusan siswa. Kendati begitu, sebagai kegiatan yang harus dilalui siswa, PII merasa memiliki kewajiban membantu. "Kami kan pernah jadi siswa juga. Jadi kami mengerti apa yang menjadi kesulitan siswa," imbuhnya.

Ada sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut. Pertama, sharing dengan siswa yang akan mengikuti UN. Materi ini bertujuan untuk melakukan pendekatan secara psikologi pada siswa. Khususnya soal masalah pribadi yang mereka hadapi dan berpotensi mengganggu konsentrasi menghadapi UN.

Jika secara mental mereka sudah dikuatkan, pemateri juga memberikan referensi buku stimulan dari tokoh-tokoh inspirator, sehingga siswa bisa belajar dari pengalaman mereka.

Siswa juga diberi pelatihan agar siap menghadapi UN. Instruktur yang didatangkan PII ada tiga orang. Ketiganya sudah berpengalaman dalam memberi pelatihan-pelatihan.

Kegiatan ini, bukan pertama kali dilakukan PII. SMAN 2 Banjarmasin tempat acara dilaksanakan adalah sekolah ke-13 yang dikunjungi untuk memberi stimulan sukses menjelang UN ini.

Sebelumnya, PII sudah menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Tabalong, Balangan, Amuntai, Kandangan, Tapin, Banjarbaru, Martapura. Khusus di Banjarmasin, PII melakukannya di tiga sekolah, baik tingkat SMA maupun SMP.

Pemberian stimulan sukses menjelang UN ini mendapat sambutan baik dari sejumlah siswa. Puluhan siswa kelas III di sekolah setempat mengikuti kegiatan tersebut.

Wakil Walikota Banjarmasin, Alwi Sahlan yang membuka kegiatan ini meminta siswa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi UN. Selain mempersiapkan dari segi kemampuan mengerjakan soal, Alwi juga meminta siswa menjaga kesehatan.

(hes)

Tidak ada komentar:

Suasana di kota santri

Suasana di kota santri